Cara Menghilangkan Jerawat (Based on True Story)

Cara Menghilangkan Jerawat (Based on True Story)

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Whatsapp


Sebel mukamu di perkosa ama jerawat? Dan kalian udah empet banget baca-baca artikel di internet tentang cara menghilangkan jerawat tapi gak ada hasil? Yah, Yang namanya jerawat. Penyakit sepele yang efeknya bikin masalah gak sepele lagi.

Jangan buru-buru ngikutin tips-tips menghilangkan jerawat yang beredar di internet sebelum penulisanya mencoba sendiri. Karena budaya copy paste artikel udah sangat membahana. Bahkan seperti tips menghilangkan jerawat yang ternyata penulis sendiri tidak tahu kebenarannya. Nah, kali ini aku mau kasih curhatan dikit masalah jerawat. Siapa tahu bisa jadi titik terang buat jerawat-jerawat Loe yang makin nempel kayak perangko di kasih lem (udah gak jaman nempelin perangko pake ludah).

Based On True Story

Pengalaman ini berdasarkan pengalaman pribadi aku. bagaimana cara-cara aku melawan Goblin Goblin yang nempel di muka aku selama bertahun-tahun. Ketahuilah. Sebenarnya aku ini unyu banget! Hanya saja jerawat ini lah yang telah menutupi keunyuan aku. Buktinya, pas aku ngaca, jerawat aku kalo gak keliatan, hasilnya nampak cakep and unyu. Begitu juga bisa kalian liat sendiri di foto-foto aku. Pantesan banyak yang naksir ==” *Ba Dum Tess,

Awalnya aku jerawatan pas lulus SMP. Abis motong burung aku (sebut saja sunat) entah kenapa aku makin peduli ama fashion, berusaha penampilan aku lebih sip. Gak kampungan gitu deh, Sebenarnya jerawat aku juga faktor doa. Loh? Kok bisa? Dulu orang-orang bilang, kalo jerawatan artinya kita udah gedhe, coz memasuki masa-masa puber. Nah, body aku yang mungil ini, selalu dianggap anak kecil. Makanya aku dulu pernah berdoa:

Ya Allah, aku pengen punya jerawat, biar aku gak dikatain anak kecil lagi :/

Ajaibnya, doa aku terkabul dan aku bener-bener jerawatan (ampe sekarang). Mungkin terlihat konyol minta jerawat. tapi kenyataannya aku emang pernah berdoa kayak gitu cuy! Parahnya lagi, jerawat aku gak ilang-ilang ampe sekarang! =,,=

Dark Ard Sudah Kuduga Meme

Semenjak itu, jerawat aku makin parah. Makin banyak. Bahkan ada yang gedhenya sebesar biji jagubg. Waktu itu nongol di lekukan di samping idung. Dan aku hobi banget nusukin jerawta aku pake jarum. Biar nanahnya keluar. Karena setelah nanah dikeluarin, jerawat aku mengempis. Meski membekas, aku bersyukur daripada harus menonjol bulet-bulet.

First Aid: Pake Yang Alami

Lidah Buaya

Dan yang pertama kali aku lakuin adalah membersihkannya dengan cara alami. Pertama aku coba pake Lidah Buaya. Aku potong, trus lendirnya aku pake buat maskeran. lalu cuci muka pake air hangat. Hasilnya? Gak berhasil!

Tomat

Selanjutnya, aku coba pake tomat. Pokoknya yang alami lah. Sama, aku pake maskeran. Hasilnya pun sama. Tak ada hasil.

Daun Sirih

Kata guru aku, pake daun sirih. Daun sirih 2 lembar direbus, lalu uapnya dibiarin menguap ke muka kita. Jadi sambil megang panci panas, muka aku ngadep bawah ke pancinya. Biar uapnya kena muka aku semuanya. Setelah itu, airnya masih anget-anget gitu aku pake cuci muka pas mandi. Kata guru aku sih hasilnya lumayan. Dia bilang muka aku udah mendingan. Lebih bersih. Tapi bagi aku pas liat cermin. Sama aja. Gak ada perubahan yang signifikan.

Garam

Sumpah, aku pernah nyoba pake garam. Emangnya lagi sakit gigi apa pake garam ==a Yah, setelah dicoba-coba. tidak berhasil. udah rasanya pengen mati aja aku waktu itu.

Mulai Coba Produk Lain

Waktu itu lagi heboh-hebohnya iklan Lifebuoy Clear Skin. Aku coba tuh. Nah hasilnya? Gak ngefek ama sekali. Cuman minyak berlebih di muka aku jadi mendingan. Karena muka aku jnis kulit yang berminyak banget. Jadi lebih tahan lama bebas kilap. Cuman gitu doank. Lalu jerawatnya? Tetep. Yah, Namanya juga sabun murah ._. Ternyata hasilnya murah juga. Cuman pake sekali doank. Gak lagi deh.

Selanjutnya?

Sampai lulus SMP pun, jerawat aku tetep banyak. Dan justru di saat kelulusan SMP aku, jerawat aku paling parah, paling puncak-puncaknya. Di saat foto wisuda yang ukurannya A4, yang bawa toga tuh. Uih.. Jerawat aku! Foto gak aku pasang. Bayar mahal tuh foto aku buang.

Pil Bersih Darah Kembang Bulan

Ketika lulus SMP, aku pindah ke Kalimantan Selatan. Disekolahin di Snakma Pelaihari ama keluarga aku. Waktu itu di asramanya. Nah, aku kan percaya, biasanya produk-produk jadul tuh lebih manjur. Makanya aku coba beli Bersih Darah Kembang Bulan. Satu botol kecil berisi 8 kapsul, harganya 6k. Dan harus diminum 3x sehari, tiap minum langsung 2 pil. Jadi? 1 botol cuman diminum satu hari (ama besok paginya doank). Aku beli terus tuh pil, ampe habis 8 botol. Hasilnya? Naas banget. Nyesek dah aku ლ(ಠ_ಠლ)

Mens Biore

Aku nyobain Mens Biore. Waktu itu masih di KalSel, tapi di Banjarbaru. Aku abis kabur dari asrama. Coz gak cocok ama bidang di sekolahnya. Jadi aku 3 bulan gak sekolah disana. Eh, kok malah curhat sekolah -_-. Pas coba Biore. gak ada hasil juga.

Ponds

Pas pulang ke Batu, Malang. Aku nyoba pake Ponds. Entah Ponds apa waktu itu. Yang penting buat jerawat lah. hasilnya juga sama loh! Masih gak ngefek ama sekali. Aku makin pusing ama jerawat aku yang rata seluruh wajah. Gimana gak malu coba.

Sabun Mandi

Kata guru keperawatan d sekolah aku, kulit muka sama aja dengan kulit badan. Cuman kulit muka lebih sering terkena debu karena enggak ketutup ama baju. Jadi perawatan kulit mah sama aja. Tergantung jenis kulitnya doank. Jadi tinggal cari produk pembersih kulit yang PH nya cocok. Jadi pake sabun mandi pun juga sama. Aku coba deh sabun mandi. Tapi ya gini-gini aja.

Spongebob Subliminal Message Girl

JF Sulfur

Tidak akan menyerah! Bakal aku coba semua produk yang menjanjikan pemusnahan jerawat. Abis itu aku coba JF Sulfur. Lumayan ngefek kalo yang ini. Meski cuman 10% ._. Yuph, pas ni sabun abis, cuman berkurang 10% dan muka lebih putih. OK aku tinggal.

Pasta Gigi, Yang Berwarna Putih

Pasta Gigi yang warnanya putih kayak Pepsodent, Ritadent, atau Ciptadent. Bukan yang gel kayak Close Up. Katanya sih bisa buat ngilangin bekas jerawat. Coz warna putihnya bisa bantu buat regenerasi kulti lebih cepet. Katanya sih. Pas aku coba pun gak ada hasilnya tuh :/

Minyak Tawon

Bukannya Minyak Tawon itu buat gigitan serangga? Yah, Namanya juga ikhtiar. Apapun aku coba deh. Yang penting nih jerawat bisa lenyap. Tiap hari aku oles Minyak Tawon. Hasilnya pun sia-sia.

Jerawat aku yang paling parah.

Ini adalah kisah mengerikan dalam hidup aku. Yaitu jerawat yang paling parah. Waktu itu aku mimpi. Di muka aku ada dua benjolan yang gedhe banget. Sebesar penghapus merk Stadler yang udah dipakai sekitar 2 minggu (rada lonjong gitu penghapusnya). Pas aku coba keluarin tuh jerawat dari muka (dengan cara sedikit menyayat kulit buat jalan keluar jerawatnya). Yang terjadi adalah muka aku sobek dan hancur.

Ternyata mimpi itu adalah suatu isyarat. Karena 2 minggu kemudian, saat aku muncul jerawat baru yang agak besar, jerawat itu gak bisa dipencet seperti biasanya. Jerawatnya keras, kayak batu, ukurannya akudhe banget kayak penghapus. Anjrit. Mimpi aku jadi kenyataan. Di pipi kanan aku ada jerawat sebesar itu. Dan itu terjadi saat aku kelas 3 SMK (masih tahun kemaren dunk?). Dan jerawat itu tetap bertahan selama 1 tahun. Jadi di kelas 3 SMK aku, itu adalah hidup yang paling buruk. Mempunyai jerawat aneh yang seperti tumor dan tidak bisa hilang.

Jerawat yang mirip anak tumor itu terus membuatku resah. Karena menjadi pusat perhatian. Gedhe banget gak wajar, keras kayak batu, lalu isinya apa coba? Jengglot? Setelah beberapa bulan, hampir setahun, jerawat tersebut mulai lunak. Terasa cair di dalamnya. Dan aku mulai semangat, menusukkan jarum ke jerawat itu dengan harapan cairan didalamnya bisa keluar sehingga benjolan raksasa itu mengempis.

Ternyata tidak. Ketika aku tusuk menggunakan jarum, kulit wajahku keras banget, dan darah pun juga gak keluar sama sekali. Waduh, gimana ini. Aku sudah bisa merasakan kalau di dalam benjolan itu sudah menjadi cairan kental, yang bisa aku keluarkan dengan mudah. Berbeda dengan sebelumnya yang masih berwujud batu. Pernah aku periksain ke puskesmas. Cuman dikash salep ama dokternya. Katanya sih gak bahaya. Cuman aku takut aja kalau suatu saat bisa meledak.

Caladine Lotion

Setelah aku browsing lagi, ada yang bilang Caladine Lotion itu bisa manjur ngilangin jerawat. Pas aku liat, testimonial tentang hal tersebut lumayan banyak. Banyak yang berhasil. Akhirnya aku coba deh. Aku olesin ke Monster jerawat itu. Tapi nihil. Tidak berkurang, jerawatku tetap banyak. Dan jerawat yang mirip tumor itu juga tidak mengempis.

Pengen nangis rasanya punya tumor di pipi. Dengan penuh keyakinan, aku coba lagi tusuk pake jarum. Kali ii aku cari dulu bagian kulit mana yang terasa lunak. Dan akhirnya dapat! Aku coba tusuk dari sisi bawah benjolan. Dan blesss! Berhasil. Dan cairan nanah bercampur sedikit darah keluar semua. Sehingga benjolan mirip tumor yang tadinya membenjol kayak bukit hampit 1 cm (serius) akhirnya mengempis. Karena cairan di dalamnya aku keluarin semua. Di saat itu rasanya aku bersyukur banget. Bisa terlepas dari kutukan itu.

Akhirnya benar-benar mengempis. Namun beberapa hari membenjol lagi, karena ruangan benjolan tersebut terisi minyak-minyak dari kelenjarku. Jadi penuh terisi oleh minyak. Ketika aku tusuk jarum lagi, aku keluarin lagi, cairannya bening. Dan berminyak gitu. Setelah aku keluarin, aku tekan pake jempol biar tetap mengempis. Gak keisi ama cairan minyak lagi. Biar cepet balik normal. Akhirnya, lama kemudian, sembuh. Rasanya bersyukur banget, Tuhan masih sayang ama aku.

Dark Ard SurabayaTuh, muka aku kusem banget. Masih banyak bekas jerawatnya pula.

Ponds Lagi, Tapi Yang Baru

Waktu di kalimantan, aku coba pakai Ponds lagi. Pasti kalian tahu iklan Ponds yang kayak gini: Jerawat? Komedo? Kulit berminyak? Pori-pori besar! Pasti kalian tahu iklannya. Model iklannya ada 4 cewek. Nah, aku coba Ponds yang ijo. Gak tau lupa namnya. Hasilnya? Gak ngefek juga =__=

Acnes

Akhirnya aku coba pakai Acnes. Yang gel itu loh. Bukan Acnes Monica pokoknya -_- Rasanya enak sih tiap abis pake. Lembut gitu di muka. Tapi ternyata juga gak ngefek. Aku beli Acnes karena temenu bilang sih manjur. Makanya aku coba. Tapi ternyata cuman nyaman aja di muka. Ketika memakai Acnes, jerawatku berkurang 20%

Tje Fuk

Aku pesen Tje Fuk dari Malang. Sekalian bapak aku mau ke kalimantan. Biar dibawain juga. Dibeliin Tje Fuk, karena di Banjarmasin aku belum pernah liat yang namanya IndoMaret atau AlfaMart. Jadi aku bingung kalau mau beli sesuatu @,,@ Makanya minta dibawain dari Malang aja. Dan kesalahannya disini adalah, aku dibeliin Tje Fuk yang sabun batangan, yang khusus buat mutihin kulit. Bukan jerawat.

Kalau pake Tje Fuk yang itu, kotoran di kulit mengelupas. Sama kayak Mineral Peelinf produk yang ngelupasin kotoran dari kulit tuh. Dan setelah aku make Tje Fuk tersebut? Jerawat aku udah mulai samar-samar sih. Meski gak maksimal. Cuman kulit ge aja yang makin putih. Ternyata Tje Fuk manjur banget. Hanya saja salah pilih yang khusus pemutih, bukan jerawat.

MediKlin

Nah, aku beli gel yang ini sebenernya cuma kebetulan. Waktu itu aku kena Wasir. Wasir aku kambuh lagi. Jadi aku ke apotik buat nyari obat wasir. Gak taunya kepikiran ama jerawat. Jadi sekalian beli obat jerawat deh. Dan aku dikasih MediKlin. Bentuknya gel.

Aku pake tiap hari tuh. Dan mulai berasa efeknya. Baru 2 hari pake, biasanya muka aku yang teksturnya gak halus gara-gara punya banyak jerawat yang kecil, setelah pake MediKlin langsung mengempis semua. Dan pas aku sentuh mukaku, rasanya haluuus banget. Dan jerawatku juga udah samar-samar. Paling yinggal bercak-bercak warna kemerahan di muka aja. Gakpapa deh beasnya masih ada. Yang penting jerawatnya yang ilang.

Garnier Turbo Light

Jerawat aku semakin pudar. Tinggal bercak-bercaknya aja. Nah, akhirnya aku pake Garnier Turbo Light buat mutihin muka aku. Biar bercak-bercaknya juga pada ilang. Jadi ketika mandi aku menggunakan Garnier, ketika selesai mandi, aku menggunakan MediKlin. Dan terus aku telatenin. Akhirnya jerawat aku udah 85% yang lenyap. Dan bercak kemerahan di muka atidak terlalu penting.

Clean And Clear

Setelah aku balik ke Malang, aku beli Clean And Clear di IndoMaret. Nah,, pas aku coba pake, nyaman banget. Dan jerawat udah pada kabur. Sehingga muka aku makin bersih. Sampai sekarang pun aku tetep pake Clean And Clear, Manjur sih :v Bukan maksud promosi, saat ini aku masih make Clean And Clear. Mahalan dikit sih =,,= Aku pake yang ukuran tanggung.

Update: 16 Oktober 2015

Pelembab Muka Vaseline

Cuman mutihin muka. Bekas luka yang item item jadi tersamar (dikit doang) dan tetep jerawatan parah. Yaudah deh nyerah.

Sabun Papaya / Sabun Pepaya

Dan ini yang aku pake sekarang. Karena gak pada manjur, ahirnya ini yang manjur. Sabun Pepaya. Sebenernya sabun ini fungsinya untuk mutihin kulit (dan memang terbukti). Karena untuk lotion badan aku juga pake Vaseline Men (whitening SPF+24) jadi kulitku kan putih banget. Cuman muka tetep kusam banget dan jerawatan. Dan bekas jerawatnya juga tetep. Akhirnya mulai nyoba pake Sabun Papaya ini. Dan hasilnya? Memuaskan!

Yang sebelumnya aku udah putih (gara gara lotion Vaseline), sekarang jadi makin putih banget dan cepet putihnya. Berkat Sabun Papaya ini. Bagaimana bisa? Entah kenapa aku juga ngerasa lebih fresh, seger, kulit keset, kotoran di kulit rontok semua. Dan ajaibnya, komedo juga rontok. Idungku yang biasanya aku elus permukaannya masih berasa banyak tekstur komedo, setelah pake Sabun Pepaya udah enggak lagi. Kalo idungku dipegang udah gak ada tekstur komedonya. Ya meski bekas item di pori-porinya masih ada.

Sabun Papaya RDL

Setelah pake sabun papaya ini, kusam di wajah juga ilang. Wajah lebih keliatan fresh, cerah, dan putih (meskipun masih banyak bekas jerawatnya). Tapi dari seumur-umur aku pake sabun ini itu, baru kali ini aku ngerasa cocok ama sabun. Muka jadi lebih bersihan meski banyak bekas jerawatnya.

Kalau kalian mau beli sabun papaya ini, ati-ati, Soalnya banyak macem merk. Sedangkan aku cocoknya ama yang satu ini. Ciri-cirinya, made in Philipine (lihat di belakang kemasan). Jangan beli di minimarket! (Indomaret maupun Alfamart). Itu sabun Papaya yang keras banget, dan gak ngefek. Baunya juga aneh. Soalnya aku udah coba ampe habis, muka ku makin ancur. Baunya aneh, sabunnya keras lagi.

Kalo yang aku pake ini, sabunnya cepet mencair. Jadi bakal cepet abis huehuehue, Tapi baunya seger banget. Berasa banget Pepaya nya. Tapi ngefek banget. Pernah aku 2 bulan gak pake Sabun Pepaya ini. Mukaku langsung ancur dan kusem. Jerawat dimana-mana. Setelah pake seminggu doang, udah keliatan bedanya. AKu juga pernah nyoba Sabun Pepaya Mustika Ratu (20k untuk sebatang sabun). Kerasnya sama kayak sabun yang di minimarket. Gak gampang mencair, dan baunya gak enak :'( Cuman ngerontokin komedo doang. Tapi muka tetep gak cepet bersihnya.

Berikut ini sabun Pepaya yang aku pake. Kalo kalian cari di Swalayan, mungkin bakal nemuin banyak banget merk Sabun Papaya. Ambil yang ini aja. Jangan ambil yang lain. Gak ada maksud promosi, tapi aku udah pada nyobain satu-satu dan cuman yang ini yang beda. Kebanyakan baunya sama (sama-sama gak enak). Kalo yang ini baunya seger dan ngefek di kulit. Makin putih. Ampe sekarang aku masih pake kok :3

Dark ArdGanteng yaa?? Ganteng yaa?? Ini udah diedit kok. Wkwkwkwk.

Nah, itu tadi semua curhatan aku tentang jerawat. Apa yang kita peroleh?

Gak semua orang berjerawat, dan semua orang tuh berbeda-beda jenis kulitnya. Ya tapi siapa tahu kalian lebih cocok dengan produk yang enggak cocok ama muka aku. Ya semoga aja jerawat kalian cepet ilang xD Punya aku juga udah mendingan sekarang.

UPDATE

Daripada kalian coba-coba produk yang belum jelas, yang nantinya malah ngerusak muka, yuk cobain yang ini. Akhirnya aku dapat pencerahan dan mengambil jalan yang lebih jelas untuk masalah jerawat: Pergi ke klinik. Gakpapalah keluar duit, yang penting ada kejelasan. Daripada nyobain produk gak jelas kalo diitung-itung malah totalnya lebih mahal daripada ke klinik hayo? Coba simak disini ceritanya.

Summary
Article Name
Cara Menghilangkan Jerawat
Description
Siapa sih yang gak sebel ama jerawat? Jangan keburu baca-baca DIY di internet! Mereka aja gak pernah nyoba, masa kamu ikutin. Coba baca nih, pengalamanku mengatasi jerawat. Mungkin bisa jadi titik cerah buat masalah kamu.
Author
Publisher Name
Dark Ard
Publisher Logo



Asik Juga Nih Buat Dibaca

(93 Posts)

Aku sendiri lupa sih ngapain aku bikin blog ginian. Ada yang inget nggak? Ingetin dong...