DeezMe – URL Shortenernya Deezclan

DeezMe – URL Shortenernya Deezclan

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Whatsapp


Jadi, ini website apaan dah? Cuman website pemendek link biasa. Atau biasa disebut URL Shortener. Yang ngebantu kamu buat copas link biar nggak panjaaaang banget dan menuh-menuhin batas karakter.

Misal, kamu ingin share link di Twitter, sambil kasih caption. Tapi linknya kepanjangan. Apalagi Twitter membatasi setiap Tweet maksimal hanya 140 karakter. Nah, pemendek link seperti ini sangat ngebantu kamu untuk ngatasin masalah tersebut.

Nggak cuman untuk pembatasan karakter, misal kamu ingin mengirim link ke teman juga lebih enak. Jadi nggak terlampau panjang linknya. Bisa kamu pendekin melalui website Link Shortener ini.

DeezMe URL Shortener

Jadi, sama kayak Goo.gl? Yes! Tepas sekali. Tapi bedanya ini ada fitur custom URL juga. Jadi kamu bisa custom URLnya (karena secara default pasti menggunakan karakter yang diacak). Sehingga lebih mudah mengingatnya bagi kamu jika akan menggunakan link tersebut untuk jangka panjang.

Seperti Bit.ly dong? Iya seperti Bit.ly. Cuman untuk sementara ini, belum ada fitur lebih jauh selain pemendek link dan custom URL hehe. Jadi belum bisa login, ataupun manage link yang sudah dibuat. Kedepannya ada sih rencana tambahin user panel dan fitur lain. Tapi itu entar. Masih repot ngurusin.

Bukannya sudah ada pemendek link diluaran sana yang fiturnya lebih lengkap. Kenapa repot-repot bikin? Yah… Mumpung ada domain dengan nama yang bagus: Deez.me, mana itu brandingnya Deezclan banget. Jadi cocok jadi project pemendek linknya Deezclan. Dan enakan pake branding sendiri kan meski sekedar pemendek link. Hehe. Biar lebih professional.

Dan maaf, jangan berharap kejauhan kayak menghasilkan uang semacam Adf.ly ya, ini pemendek link biasa tanpa iklan-iklanan :’) hehe. Langsung redirect kayak Bit.ly.

Bakal ada API juga gak?

Bakalan ada. BAKALAN loh ya, artinya masih dalam rencana. Tapi tidak dalam waktu dekat ini. Kalo aku sempet, bakal aku rampungin perlahan.

Ya… Sementara manfaatin dulu fitur yang ada. Jadi ini juga menjadi salah satu projectnya Deezclan.

Bukannya Deezclan Dulu Punya Website Pemendek Link Juga?

Namanya HUMU.ML kan ya kalo dulu? Hehe… Iya itu dulu, sayangnya menggunakan domain gratisan, dan nama linknya terlalu nganu. Jadi sudah sejak lama aku pengen bikin Deez.me

Kenapa dulu harus bikin HUMU.ML? Kenapa enggak langsung Deez.me?

Nah, ini dia yang jadi masalah. Domainnya udah dibeli orang, trus mati. Dan nggak lepas-lepas dari Godaddy. Statusnya kalo aku cek di WHOIS, domain tersebut nggak bisa ditransfer ataupun diperpanjang. Tapi dicek tanggal expirednya nambah terus tiap tahun. Kan kesel banget ya nunggunya.

Jadi aku berharap domain ini segera lepas, agar bisa aku beli. Bisa dibilang aku nunggu 5 tahunan untuk domain ini lepas. Beuh.

Suatu ketika iseng aja cek WHOIS, ternyata domain ini available! Gak pake lama, langsung pesen dah. Beli aja domainnya meski lagi gak ada duit. Keburu dibeli orang lagi. Apalagi namanya pas banget untuk brandingnya Deezclan.

Mau juga ah. Bagi dong sourcenya.

Weee… -_- Kalau kamu mau bikin link shortener juga, yang udah lengkap fiturnya, kamu bisa cari di Google. Banyak kok yang open source dan bisa kamu modif sesuka hati.

Jadi ini sourcenya nyari di Google?

Nggaa… Kalo ini bikinnya pake PHP Framework. Build dari awal (tapi pake PHP). Coding manual bosku, demi hasil yang lebih memuaskan. Kalo pake source code yang bertebaran diluar sana kadang kurang sreg ama fiturnya, kurang sreg ama pengacakan kodenya, kurang sreg ama cara kerjanya, kadang gak bisa dicustom lebih jauh. Makanya nyoba build dari awal. Apalagi rencana kedepannya bakal diintegrasikan dengan usernya Deezclan.

Yaudah… Gratis kan ini?

Yes, silahkan dipake. Untuk membantu aktifitas sehari-hari kamu :3

Lewat Facebook juga bisa

DeezMe URL Shortener on Facebook

Oh iya. Kamu juga bisa menggunakan layanan DeezMe dari Facebook loh. Masuk ke Fanpage DeezMe, atau Deezclan, atau Dark Ard ya. DeezOnline juga bisa. Disitu ada tab Link Shortener. Kamu bisa langsung memendekkan link dari situ.

Yuk, cek di https://deez.me

Summary
Reviewer
Review Date
Reviewed Item
DeezMe URL Shortener
Author Rating
5


Asik Juga Nih Buat Dibaca

(93 Posts)

Aku sendiri lupa sih ngapain aku bikin blog ginian. Ada yang inget nggak? Ingetin dong...